Kata-kataku

Hidup ini takkan pernah berarti tanpa kalian!!!!

HOME

Minggu, 12 Juni 2011

Holistic Marketing


holistik marketing kalau kita cari kemana-mana artinya ya tetap holistik tapi ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa holistik itu adalah keseluruhan dan holistik marketing adalah ide dimana pemasaran merupakan segalanya, dikatakan bahwa organisasi yang sukses harus memiliki pendekatan secara menyeluruh pada pemasaran dimana semua bagian dari organisasi memfokuskan untuk bagaimana meningkatkan nilai tambah bagi pelanggan dan bagaimana mengkomunikasikan nilai tersebut kepada pelanggannya.
Ada juga yang menjelaskan mengenai konsep dari pemasaran menyeluruh ialah, konsep dimana para pemasar berusaha untuk meningkatkan kesadaran akan suatu kebutuhan agar didapat pendekatan yang lebih lengkap dan menyatu (kohesif) melebihi aplikasi konsep pemasaran secara tradisional. Konsep ini didasari pada pengembangan, desain, dan pengimplementasian dari program-program pemasaran, proses-proses, dan aktivitas-aktivitas yang disadari saling ketergantungan. Dan dari konsep ini terdapat 4 komponen penting:
Dari keempat garis besar diatas akan kita bahas satu persatu sesuai dengan kemampuan abstraksi dari diri saya sendiri , jika dikemudian hari terdapat pembahasan yang salah mohon diberikan masukan.
Inti dari pemasaran ialah penyampaian nilai kepada para konsumen atau pelanggan dan bagaimana mengkomunikasikan nilai tersebut kepada pelanggan, dan tentunya nilai tersebut harus lah ditingkatkan dan sebelum semua itu dilakukan, harus lah membuat nilai tersebut. Oleh karena itu, dibahas lah holistic marketing dimana membahas inti kegiatan dari pemasaran yang telah dibahas di atas, dan keseluruhan pemasaran itu diwakilan oleh empat komponen penting, yaitu :
pemasaran yang digabungkan (integrated marketing) dimana berhubungan dengan komunikasi, produk & jasa, dan juga saluran distribusi.
Selanjutnya ada pemasaran internal (internal marketing) dimana berhubungan dengan departemen pemasaran, manajemen senior, dan departemen lainnya yang berhubungan dengan pemasaran.
Yang ketiga, komponen pemasaran hubungan (relationship marketing) dimana berhubungan dengan pelanggan,  mitra kerja, dan berhubungan juga dengan saluran-saluran pemasaran seperti yang telah disebutkan di integrated marketing.
Yang terakhir ialah (performance marketing) kalau kita artikan agak susah dipahami maka lebih baik kita gunakan seasli mungkin bahasanya dimana berhubungan dengan penjualan, brand costumer equtiy yang bisa diartikan sebagai ekuitas merk terhadap pelanggan, etika, lingkungan,hukum atau legal, dan komunitas.
1. Integrated marketing, merupakan sebuah penggabungan aktivitas-aktivitas dan program-program dari marketing atau pemasaran yang dimaksudkan untuk membuat, mengkomunikasikan, dan menyampaikan nilai kepada pelanggan.
2. Internal marketing, merupakan kegiatan-kegiatan pemasaran yang dilakukan dalam perusahaan atau organisasi yang hubungannya dengan departemen lain, dan top management. Seperti hubungannya dengan pengadaan karyawan, pelatihan, dan memotivasi karyawan.
3. Relationship marketing, merupakan kegiatan pemasaran dimana membina hubungan dengan bagian-bagian, organisasi-organisasi, atau lainnya, baik yang terhubung secara langsung atau pun tidak langsung yang member kontribusi untuk pencapain tujuan baik dalam organisasi, khususnya pada bagian pemasaran.
4. Performance marketing, merupakan pemasaran dimana berhubungan dengan bagaimana suatu perusahaan melakukan performance atau kinerja didalam melakukan penjualan, kinerja dalam hal equitas merk terhadap pelanggan, etika didalam pemasaran, tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, kepatuhan terhadap hukum yang berlaku dan komunitas sosial.
Jadi, dalam holistic marketing, terdapat kegiatan-kegiatan yang menjadi inti dari marketing atau pemasaran secara keseluruhan yang diwakili oleh keempat komponen ini . Keempat komponen ini membentuk kegiatan pemasaran secara keseluruhan.
sekian dulu tulisan pada kesempatan kali ini, terima kasih buat yg bantu ” google”, dan this site……
sukron kasiron..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar