Kata-kataku

Hidup ini takkan pernah berarti tanpa kalian!!!!

HOME

Kamis, 14 April 2011

MANAJEMEN PEMASARAN ESSAI PENJUALAN INDIVIDU DAN PROMOSI PENJUALAN


PENDAHULUAN
                Penjualan individu dan promosi penjualan adalah salah satu dari banyak langkah yang dapat di tempuh dalam kegiatan pemasaran produk.Hal ini merupakan usaha dalam memastikan suatu produk benar-benar dapat terbeli oleh target pasar yang telah di rencanakan sebelumnya.Pada umumnya merupakan usaha dalam bentuk pengenalan dan kegiatan mempengaruhi konsumen dengan tujuan akhir seorang calon pembeli menjadi pembeli,seorang pembeli menjadi pelanggan,dan seorang pelanggan membeli lebih banyak.
                 Kegiatan penjualan individu dan promosi penjualan masing-masing memiliki cakupan yang terbatas.Oleh karena itu,produsen pada umumnya melakukan kombinasi dari banyak metode pemasaran yang ada tergantung kebutuhan pasarnya.
                Beberapa cakupan tersebut adalah waktu dan wilayahnya.Batasan lama waktu dan luas wilayah yang dapat di jangkau oleh suatu metode pemasaran.Penjualan individu misalnya,metode ini memiliki cakupan waktu dan wilayah yang cenderung sempit.Hal ini di sebabkan oleh metode penjualan individu yang umumnya mengharuskan interaksi langsung dengan konsumen pada waktu yang sangat terbatas dalam melakukan kegiatan pemasaran.
                Beberapa metode akan di kaji sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah kerangka berpikir yang unik dalam penerapan metode pemasaran dengan segala keterbatasannya.           dalam hal ini bagaimana sebuah keterbatasan ruang dan waktu dalam sebuah metode pemasaran dapat diatasi.Seiring dengan pertanyaan tersebut akan selalu ada perkembangan dalam usaha untuk mengatasinya,salah satunya adalah dunia maya.

RUMUSAN MASALAH
1) Menurut anda bentuk promosi mana (iklan,penjualan individu,dan atau promosi penjualan) yang paling efektif dilakukan perusahaan ? jelaskan dan berikan contoh !
2) Menurut anda apakah peran relasi publik penting ? jelaskan dan berikan contoh !




   



PEMBAHASAN
BENTUK PROMOSI YANG PALING EFEKTIF
                Setiap jalan mempunyai resikonya masing-masing,begitupun dengan setiap metode yang ada dalam kegiatan pemasaran.Hal ini akan memunculkan berbagai motif spekulasi dalam penerapannya.Dengan di dasari keinginan yang kuat dalam meraih sebuah pencapaian,jalan manapun akan coba di tempuh untuk menembus sebuah batas.Namun seringkali terjadi kegagalan akibat tidak adanya kemampuan dalam mengatasi masalah. Disinilah peran pertimbangan dan perencanaan yang matang mengambil perannya.Kombinasi dari semuanya adalah pemasaran sempurna. Semua disini adalah segala kemungkinan ditambah ketepatan mengambil keputusan.
                Metode pemasaran yang tepat guna dan tepat sasaran akan meningkatkan segala aspek yang ada dalam kapasitas produksi ke depannya.Kondisi efektif dalam pemasaran adalah ketika keputusan yang di ambil tepat guna.Dimana setiap masalah akan berubah menjadi solusi.Jalan  efektif yang merupakan cerminan dari sebuah metode yang efektif.
                Pertanyaannya adalah seperti apa metode yang efektif itu dan bagaimana melakukannya.      Sebuah metode yang efektif sangat bergantung pada kebutuhan dan keadaan yang ingin dicapai terhadap lingkungan sekitar.Poin terpentingnya adalah sejauh mana metode tersebut dapat memenuhi kebutuhan yang ada dengan nilai pengorbanan yang setimpal.Dengan mengambil kemampuan dari metode lain untuk menyempurnakan metode yang ada,sebuah metode akan dikatakan efektif karena pada dasarnya setiap metode tidak berdiri sendiri dan saling membutuhkan.Nantinya akan ditentukan oleh seberapa besar perbandingan komposisi penerapan suatu metode terhadap metode lainnya.Besarnya komposisi disesuaikan dengan kebutuhan pemasaran dan tergantung pada banyak indikator.
Contohnya,untuk pemasaran produk makanan tradisional di pasar porsi untuk metode penjualan individunya lebih besar dari metode lainnya.Hal ini dikarenakan sederhananya pasar tradisional itu sendiri.Keakraban antara penjual dan pembeli terbalut dalam sapaan sederhana dalam transaksi penjualan.Metode iklan misalnya cenderung membuang biaya untuk memasarkan produk tradisional  yang keuntungannya relatif lebih kecil dari kemungkinan keuntungan yang akan di dapat,contohnya kue tradisional yang merupakan jajanan umum di pasar tradisional Indonesia.Oleh karena itu,pada umumnya pasar tradisional di Indonesia hanya menggunakan metode lain dalam porsi yang kecil.  
                Jadi,bentuk promosi yang paling efektif adalah bentuk promosi yang menggabungkan ketiga metode diatas dengan komposisi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan pasar karena indikatornya yang relatif.      



PENTINGNYA PERAN RELASI PUBLIK
                Manusia adalah mahluk sosial.Dalam hidupnya,manusia membutuhkan manusia lainnya.Oleh karenanya manusia akan terus berinteraksi sampai akhir hayatnya.Dari dasar pemikiran ini interaksi,silaturahmi,sosialisasi,dan membangun jaringan adalah langkah mutlak yang harus dilakukan manusia untuk mempermudah jalan hidupnya,seperti kata pepatah,”banyak kawan banyak jalan”.Jadi,apapun usaha manusia untuk bertahan hidup memerlukan relasi dan membangunnya.hal diatas dalam ilmu pemasaran lebih dikenal dengan relasi publik.Kegiatan di dalamnya sama dengan kewajiban manusia untuk bersosialisasi agar dapat bertahan hidup.Namun dalam hal ini yang dipertahankan hidupnya adalah organisasi atau perusahaan.Dengan mencari,mempertahankan serta membangun relasinya,perusahaan akan mempunyai nilai tambah dalam perpanjangan siklus hidupnya.Ini dikarenakan hubungan yang baik dengan target pasarnya bagi sebuah perusahaan akan mempermudah mereka dalam memasarkan produknya,sebab selain telah mempunyai daftar pelanggan,perusahaan juga dapat memperkirakan potensi dan jangka waktu hubungan yang menguntungkan bagi perusahaan.
                Contohnya dapat kita lihat pada agenda perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan seperti PT.INCO.Pada susunan agendanya,PT.INCO banyak melakukan kegiatan relasi publik untuk membentuk citra yang baik di mata masyarakat seperti pemberian beasiswa dan kampanye lingkungan hidup yang notabene merupakan batu sandungan mereka untuk mendapat predikat hijau karena kegiatan produksinya yang sensitif terhadap kerusakan alam.Hal ini telah disadari betul oleh direksi PT.INCO sebagai salah satu tantangan terberat mereka.Oleh karena itu banyak dilakukan kegiatan kemanusiaan seperti bantuan berupa santunan kepada masyarakat yang bermukim            di sekitar kawasan pertambangan serta membentuk rasa memiliki penduduk sekitar terhadap pabrik dengan merekrut mereka sebagai karyawan perusahaan.Ini akan mempermudah perusahaan jika nantinya akan melakukan ekspansi perluasan pabrik guna meningkatkan kapasitas produksi               di sekitar kawasan penduduk.Hasilnya,perusahaan hanya menemukan sedikit ganjalan dalam ekspansi tersebut.Pada isu lingkungan,perusahaan giat melakukan kegiatan penghijauan dan reboisasi serta menggarap kerja sama dengan departemen lingkungan hidup setempat.Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan nilai perusahaan,mendongkrak penjualan serta naiknya harga saham perusahaan karena relasi pasar yang bersahabat.
                Jadi,peran relasi publik dalam kegiatan pemasaran sangatlah penting,sebab hal ini tidak sekedar pada keberhasilan pemasaran,akan tetapi pada siklus hidup perusahaan.







KESIMPULAN   
BENTUK PROMOSI YANG PALING EFEKTIF
                Promosi yang paling efektif adalah bentuk promosi yang mampu memenuhi kebutuhan yang ada dengan nilai pengorbanan yang setimpal.Setimpal adalah keadaan dimana segala daya yang dikeluarkan dalam upaya memperoleh keuntungan pada kegiatan pemasaran sama besarnya dengan keuntungan yang diperoleh.Keadaan setimpal akan tercipta dari proses pengkajian serta pengambilan keputusan yang tepat dalam kegiatan spekulasi yang umumnya dilakukan.Metode terbaik dapat dilakukan dengan melakukan kombinasi dari berbagai metode yang dapat dilakukan dengan komposisi yang berbeda,sesuai dengan kebutuhan. 
                Jadi,bentuk promosi yang paling efektif adalah bentuk promosi yang menggabungkan ketiga metode diatas dengan komposisi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan pasar karena indikatornya yang relatif.      

PENTINGNYA PERAN RELASI PUBLIK
                Relasi adalah jalan sukses perusahaan.Dengan relasi,perusahaan akan memperoleh kemudahan dalam mempertahankan siklus hidupnya.Sudah jelas bahwa perusahaan yang “bergaul” akan mempunyai kekuatan yang lebih untuk menguasai pasarnya.Hal ini disebabkan akses informasi yang luas tersedia akibat dari interaksi yang terjalin dengan relasi yang ada.
                Jadi,peran relasi publik dalam kegiatan pemasaran sangatlah penting,sebab hal ini tidak sekedar pada keberhasilan pemasaran,akan tetapi pada siklus hidup perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar