Kata-kataku

Hidup ini takkan pernah berarti tanpa kalian!!!!

HOME

Kamis, 14 April 2011

PERILAKU BIAYA:ANALISIS DAN PENGGUNAAN




TIPE-TIPE POLA PERILAKU BIAYA
            BIAYA VARIABEL
                        Biaya variable(variable cost) adalah biaya yang jumlahnya berubah secara proporsional terhadap perubahan aktivitas.jika tingkat aktivitasnya dilipatduakan,total biaya variabel juga akan berlipat dua.jika aktivitas naik 10% maka total biaya variabel akan  naik sebesar 10% juga.
                        Basis aktivitas. Suatu biaya bersifat variabel dikarenakan “sesuatu hal”.sesuatu hal tersebut adalah basis aktivitasnya.basis aktivitas adalah ukuran segala sesuatu yang menyebabkan  adanya biaya variabel.basis aktivitas disebut juga penggerak biaya atau pemicu biaya.beberapa basis aktivitas yang umum adalah jam tenaga kerja langsung  jam mesin unit yang di produksi dan unit yang dijual.basis aktivitas lain termasuk jumlah kilometer yang dijalani oleh tenaga penjualan,jumlah berat cucian yang diproses di hotel jumlah surat yang ditulis oleh sekretaris jumlah tempa tidur yang di rumah sakit.


BIAYA TETAP
            TIPE-TIPE BIAYA TETAP
                        Biaya tetap yang telah ditentukan berkaitan dengan investasi fasilitas,peraltan,dan struktur organisasi pokok dalam suatu perusahaan.
                        Dua faktor yang berkaitan dengan biaya tetap yang telah ditentukan adalah biaya tersebut bersifat jangka panjang.tidak dapat dikurangi menjadi nol meskipun jangka pendek tanpa mengganggu tingkat profitabilitas atau tujuan jangka panjang organisasi.meskipun kegiatan operasi di hentikan,biaya ini akan tetap terjadi.selama kondisi resesi perusahaan tidak akan memecat eksekutif kunci atau menjual fasilitas penting.struktur organisasi dan  fasilitas yang penting dijaga keutuhannya.biayauntuk merekrut mereka kembali akan jauh lebih besar daripada penghematan jangka pendek yang mungkin diperoleh.

ANALISIS REGRESI BERGANDA
                        Dalam diskusi sejauh ini,bahwa hanya ada satu faktor)hari rawat inap yang menjadi penggerak elemen biaya variabel dalam  biaya semivariabel.asumsi ini dapat diterima untuk beberapa tipe biaya semivariabel. Dalam beberapa situasi ada beberpa faktor yang menyebablan elemen biaya variabel dalam biaya semivariabel.sebagai contoh,biaya pengiriman mingkin tergantung pada unit yang dikiramkan dan berat dari unit tersebut.dalam situasi seperti ini diperlukan regresi berganda.regresi berganda adalah metode analitis yang digunakan apabila variabel dependen disebabkan oleh lebih dari satu faktor.meskipun menambahkan lebih banyak faktor atau variabel akan menambahkan kerumittan perhitungan tetapi prinsipnya sama dengan regresi kuadrat terkecil sederhana

                        Kemampuan untuk memprediksi bagaimana biaya akan berperilaku apabila ada perubahan aktivitas adalah hal yang sangat penting dalma pembuatan suatu keputusan dan fungsi manajemen lain.biaya diklasifikasikan menjadi biaya variabel biaya tetap dan biaya semivariabel.biaya semivariabel terdiri atas elemen biaya tetapmdan biaya variabel yang dapat disajikan dengan formula Y=a+bX dengan X sebagai aktifitas Y sebagai biaya dan b sebagai biaya variabel per unit aktivitas. Ada 3 metode untuk menganalisis biaya semi variabel yang mendasarkan pada catatan biaya dan biaya aktifitas yang telah terjadi. Ketiga metode tersebut adalah metode tinggi rendah pendekatan scattergraph dan pendekatan regresi kuadrat kecil. Metode timggi rendah adalah metode yang paling sederhana dan dapat digunakan untuk memperkirakan biaya tetap dan biaya veriabel secara cepat, tetapi memiliki kelemahan karena hanha mendasarkan pada dua titik saja. Pada umumnya metode regresi kuadrat kecil digunakan untu menentukan rumus biaya meskipun scattergraph juga dapat memberikan hasil yang bagus. Metode regresi kuadrat terkecil bersifat objektif dan berbagai macam statistik dapat diiperoleh dengan menggunakan program statistik. Meskipun menggunakan regresi kuadrat terkecil data tetap harus diplot untuk mengonfirmasikan bahwa hubungan tersebut sengguh linear

                        Manager menggunakan susunan biaya berdasarkan perilakunya untuk dasar pembuatan ke[utusan. Untuk menjawab kebutuhan ini, laporan laba rugi disusun berdasarkan format kontribusi. Format kontribusi mengklasifikasikan biya dalam laporan laba rugiberdasarkan perilakunya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar