Powered By Blogger

Kata-kataku

Hidup ini takkan pernah berarti tanpa kalian!!!!

HOME

Kamis, 14 April 2011

TANTANGAN SDM LOKAL DAN NASIONAL



Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi pada sumber daya manusia (SDM) dapat meningkatkan daya saing produk nasional di pasar global. Untuk dapat meningkatkan daya saing perlu dilakukan riset, penelitian, pengembangan, efesiensi produksi serta pengawasan mutu produk dalam negeri.
Jika saat ini belum ada SDM yang menguasai dua ilmu tersebut akan terjadi yakni kemungkinan tidak akan ada kemampuan dalam meningkatkan daya saing produk nasional, sehingga barang-barang impor bakal membanjiri pasar di dalam negeri.
Kemungkinan, peningkatan daya saing yang diperoleh produk nasional, akan memerlukan SDM negara lain yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Dengan demikian SDM lokal hanya menjadi pelengkap penderita, yang tidak memberikan kontribusi berarti dalam proses peningkatan daya saing produksi nasional.
Kalau di negeri sendiripun harus puas menjadi pelengkap penderita, sudah jamaknya jika SDM lokal tidak mampu menembus pasar kerja global. Inilah tantangan berat yang harus disikapi dengan sungguh-sungguh, dalam menghadapi globalisasi ekonomi yang berlangsung saat ini,
fenomena global identik dengan aktifitas perekonomian internasional, yang harus dijadikan sarana untuk menciptakan persaingan yang mendorong terbukanya perdagangan bebas.
Perlu dibangun kemandirian dalam menjawab tuntutan kualitas SDM untuk mendukung produk unggulan nasional. Sebab SDM yang unggul, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi kontinuitas pembangunan nasional.






MSDM diperlukan untuk meningkatkan SDM dalam organisasi.Tujuannya untuk memberikan kepada organisasi satuan kerja yang efektif.Untuk mencapai tujuan ini, studi tentang MSDM akan menunjukkan bagaimana seharusnya perusahaan mendapatkan, mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi & memelihara karyawan dalam jumlah (kuantitas) & tipe (kualitas) yang tepat.
Jadi, perlu kita ketahui seberapa penting kita untuk mengetahui cakupan-cakupan materi dalam MSDM dalam meningkatkan organisasi atau perusahaan. Cakupan Materi MSDM antara lain :
·         Memadukan budaya dan gaya Manajemen
·         De eewwsain Kerja
·         Strategi Rekruitmen dan Seleksi Staff
·         Orientasi dan Pelatihan
·         Penilainan Kerja
·         Kompensasi dan keuntungan
·         Isu Karir
·         Hubungan Tenaga Kerja dan Pihak Manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar